1950-an
Ini
dimulai sebelum 1950-an, waktu surfing menjadi sangat digemari orang,
sebagian maniak surfing memikirkan alat yang bisa membuat mereka
meluncur di darat agar bisa mendapatkan rasa yang sama dengan pada saat
mereka mengendarai ombak dengan surfing. Hubungan inilah yang
menyebabkan terjadinya persamaan skateboarding dengan surfing, dari
manuver dan gaya, mode dan gaya
hidup. Setelah melewati beberapa modifikasi, akhirnya dibuatlah truk
yang akan membuatnya lebih mudah untuk bermanuver. Menjelang 1959 Roller
Derby Skateboard
untuk pertama kalinya dipasarkan untuk umum.

1960-an
1960
awal, perusahaan skateboarding seperti Makaha Larry Stevenson dan Hobie
Hobie Alter mulai untuk memproduksi masal skateboard yang diilhami oleh
para peselancar (surfing). Pemain skateboard pertama pada saat itu
adalah Bill dan Mark Richards, Dannu Bearer, Bruce Logan dan Torger
Johnson. Skateboarding akhirnya menjadi sangat populer pada masa itu
hanya dalam waktu satu malam, dan perusahaan tiap – tiap perusahaan
akhirnya bersaing ketat untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat
membludak. Lebih dari lima puluh juta skateboards terjual hanya dalam waktu tiga tahun, dan diadakanlah kompetisi skateboard untuk pertama kalinya di Hermosa Beach, CA
pada 1963. Lalu pada 1965 sebagian orang tua yang tidak setuju dengan
adanya skateboard akhirnya menyatakan bahwa skateboard itu adalah
olahraga yang membahayakan. Mereka lalu membuat peraturan agar semua
toko dilarang untuk menjual skateboard, dan menghasut para orang tua
lain agar tidak membelikan anaknya skateboard. Skateboarding akhirnya
mati sama cepatnya seperti saat ia lahir, dan olahraga ini pun akhirny
memasuki resesi pertamanya. Skateboarding akhirnya mengalami kelumpuhan
selama 10 tahun. Kejadian ini kemudian yang dikenal dengan "siklus
sepuluh tahun," walaupun resesi tidak tepat 10 tahun selesainya.
1970-an
selama resesi pertama ini diciptakanlah apa yang kita kenal dengan “Kicktail” oleh Larry Stevenson, dan juga sebagai generasi pertama yang menciptakan style dan juga trik2 dalam skateboarding. Tetapi
mereka masih mengalami berbagai kendala yang disebabkan kurangnya
sarana dan prasarana skateboard yang masih seadanya pada saat itu.
Kemudian pada 1973 diciptakanlah roda urethane yang akhirnya merevolusi
dunia olahraga skateboarding.Roda baru ini memiliki daya cengkram yang
lebih mantab, kecepatan yang melebihi pendahulunya, dan dikombinasi
dengan truck khusus skateboarding yang tentunya lebih spesifik daripada
pendahulunya hingga membuat para skater mengalami kesulitan baru dan
membawa mereka ke level yang lebih extreme daripada sebelumnya. Trik
pada saat ini konsisten mengikuti manuver surfing yang dilakukan pada
tanjakan ataupun pada bank Kolam renang yang kering dan juga pipa – pipa
besar dimanfaatkan sebagai arena pada saat itu untuk pertama kalinya.
Selama
1970-an ini skateboarding mengalami pertumbuhan pesat yang bisa dilihat
dari dibangunnya banyak skate park yang dibuat dari semen, bertambahnya
jumlah pro-skater, dan diangkatnya skateboard ke dalam majalah2 ataupun
film. Selama periode ini berkembanglah Skateboarding modern yang
bergerak di jalanan (street) yang dalam bentuk slalom, freestyle, di
turunan gunung (downhill) ataupun loncat jauh.
Pada
saat ini juga terjadi kemajuan baru di dunia skateboarding seperti
kemajuan dalam bidang area, terciptanya ollie, yang merupakan trik
paling penting dan dasar trik yang yang akan mengevolusi skateboarding
disamping zig-zag tentunya. Ini adalah saat
pertama kalinya skateboarding memiliki bintang, beberapa nama yang
sangat terkenal pada saat itu adalah Tony Alva,
Jay
Adams dan Stacy Peralta. Penampilan skateboard pun berubah pada masa
ini, dari 6 inci menjadi 7 inci untuk lebar dan dan lebih dari 9 inci
untuk panjang, menyediakan
stabilitas yang lebih untuk skate street. Di akhir 70-an, tingginya
asuransi dan lambatnya perang dingin membuat skateboarding memasuki masa
gelap lagi untuk kedua kalinya. Tapi beberapa skater memilih untuk
melupakan bisnisnya dan lebih ke arah skateboarding. Resesi kedua.

1980's
Awal tahun 1980-an ramp dari triplek dan juga street style mempebaharui olahraga ini.
Memasukkan
skateboarding ke dalam katagori underground, prinsip DIY, mereka
akhirnya membuat ramp dari kayu di halaman belakang rumah ataupun di
lapangan yang kosong. Yang pada akhirnya menciptakan skate street, hand
rail dan juga free-skate park. Perusahaan2 pemproduksi skateboarding pun
akhirnya mengubah tampilan deck skateboard dan juga truck yang
memungkinkan untuk bermanuver lebih aman dan nyaman. Bangkitnya
skateboarding ini juga menghasilkan beberapa bintang yang juga ada
sebagian masih ada yang eksis di bidang skateboarding hingga saat ini.
Seperti Tony Hawk
dan
Steve Caballero. Akhir 80-an street skate semakin terkenal, dan vert
skate pun semakin meredup. Pada saat itulah merupakan era para bintang
skate street seperti Mark Gonzales, Natas Kaupas dan Mike Vallely.


Skate
street mengalami masanya, dan underground adalah hal paling utama yang
mempengaruhi style skater pada masa itu, walaupun angin perubahan mulai
terasa di pertengahan 80-an. Sirklus ini akhirnya mencapai puncaknya
pada masa 1987-an, skateboarding secara langsung mempengaruhi kebudayaan
internasional yang bervariasi dari gaya punk musik yang lebih disukai
oleh kebanyakan skater pada masa itu menjadi gaya baggy, yang berpakaian
serba kebesaran dan memakai sepatu tenis yang retro.
Pertumbuhan
skateboarding dipicu oleh mulai berkembangnya berbagai elemen pendukung
skateboarding seperti perusahaan baru, lebih banyak jenis dan sulit
trik2 baru, gaya hidup yang
semakin kasar, dan yang paling penting adalah generasi muda pada saat
itu lebih menemukan kegembiraan meluncur dengan skateboard daripada
memakai mobil. Beberapa orang yang sudah mempunyai banyak pengaruh dalam
skateboarding akhirnya membangun berbagai perusahaan seperti Steve
Rocco of World Industries. Ollie (nama orang,penemu trick ollie) datang
ke dalam skate dan menyumbangkan 80% dari trick street dan sekitar 60%
trick vert, dengan fokus pada trick yang memerlukan tekhnik tinggi dan
juga tenaga dan kecepatan yang lebih besar.
1990's
Di
dalam "siklus sepuluh tahun," skateboarding sekali lagi mengalami
kemajuan lagi pada 1995, kabar gembira itu datang dari Extreme game
pertama dari ESPN di Rhode Island.
Acara
ini dikhususkan untuk para skater, yang diangggap kebanyakan orang
mempunyai sejarah panjang sebagai olahraga para pemberontak, karena
bahayanya yang sangat tinggi dan juga para skater yang kadang2 melupakan
segala hal demi skateboarding, bahkan melakukan hal2 ilegal seperti
merusak sarana umum(kata orang2 yang picik!) melangkah lebih dekat
menuju mainstream. Banyak skater yang bersaing mengikuti ataupun
menyaksikan ESPN. Yang akhirnya meyakinkan khalayak umum bahwa
skateboarding adalah olahraga yang baik dan juga memiliki masa depan.
Pada 1996 Extreme Game diadakan lagi di Rhode Island, dan sekali lagi mempertontonkan skateboarding kepada jutaan orang. Skateboarding juga dimasukkan di 1997 dalam Winter X Games dalam
bentuk CrossOver event yang juga dimeriahkan dengan berbagai cabang
olahraga extreme lain seperti in-line skating, BMX freestyle, dan
snowboarding.

Dampak
liputan media pada skateboarding sudah menggeserkannya dari olahraga
underground menjadi olahraga yang sangat diminati selama empat tahun
terakhir. Ini ditandai dengan makin banyaknya perusahaan yang memasang
iklan menggunakan image skateboarding, termasuk juga perusahaan yang
dulunya sudah mengabaikan skateboarding, menggunakannya sebagai sarana
promosi. Para pemasang iklan sudah melihat bahwa
skateboarding sudah menjadi olahraga terbaik yang dapat membawa mereka
untuk mencapai target utama pengiklanan: anak muda.
Skateboarders
juga sudah hadir dalam berbagai iklan unturusahaan. Sehingga,
kebanyakan apa yang terjadi di skateboarding hari ini datang tidak dari
skateboarders sendiri, tetapi dari sponsor bisnis dan media massa.
Fokus pokok olahraga tinggal di jalan meluncur, seperti yang bisa
dilihat di seluruh baik tajuk rencana maupun periklanan halaman mayor
skateboard majalah, di mana foto street skate mendominasi. Tetapi vert
skate bangkit kembali, itu bisa dilihat dari banyaknya skatepark yang
dibangun. Hal ini juga menjadi pendorong majunya skater baik street
maupun street di banyak kota.
Banyaknya ramp, bank, dan juga halfpipe yang berbeda2 di skatepark ini
sudah menyebabkan perubahan peralatan yang digunakan. Perubahan
teknologi ini memaksa perubahan skateboard yang sudah terdengar semenjak
dua dawarsa terakhir. Sedangkan di yang awal dewan 90-an skateboardk
produk dari minuman ringan ke kentang goreng, permen sampai telpon pe
berbentuk kecil dengan ban yang besar. Sekarang deck diperluas, garis
tengah roda diperbesar, dan longboards sedang bertambah kepopulerannya,
khususnya di sekitar komunitas pantai dan di antara mereka ada yang
memang serius untuk bermain skateboard ataupun hanya sebagai sarana
transportasi. Downhill skateboarding juga mengalami kebangkitan pada
tahun-tahun ini.
Satu
pertumbuhan yang paling besar cenderung di bagian pekerjaan aksesoris
skate. Dulu, mode terus-menerus mengikuti para skater yang bisa dibilang
mendunia, dan hanya terpaku kepada pakaian dan juga skateboard itu
sendiri. Sepatu sekarang ini juga mendapat perhatian khusus. Menurut
Transworld Skateboarding Business Summer, Survai Pedagang Eceran 1998
menyatakan penjualan sepatu mewakili 26,5 % bagian pasar, mengikui di
samping deck (26%), pakaian (16%), truk (11,5%), ban(11%), dan aksesori
(9%).
Pada
masa ini juga didirikan berbagai persatuan skateboarding yang memiliki
badan hukum yang sah. Kedua organisasi utama hari ini adalah IASC
(International Association of Skateboarding Companies)
,
dan World Cup Skateboarding, yang merupakan organisasi pertandingan
terkemuka. World Cup Skateboarding diatur oleh dahulu NSA (National
Skateboarding Association) Presiden Don Bostick, dengan pertandingan
Street maupun Vert. Persaingan biasanya lebih berdasarkan tim sponsor,
daripada tim nasional. Ini disebabkan oleh pertumbuhan sponsor dan
sponsor adalah penyumbang dolar terbanyak untuk suatu kompetisi, yang
sudah mengubah para skater untuk bersaing dengan hebat. Skateboarding
akhirnya mulai dilakoni sebagai pekerjaan untuk mendapat rasa hormat
sebagai seorang pro dan mendapat sejumlah uang yang lebih luar biasa
dari perlombaan.

2000-an
"Hari
ini profesional bisa membuat apapun di mana pun dari $1000 ke $10.000
sebulan," kata Danielle Bostick pada World Cup Skateboarding dan X
Games. Pendapatan ini berdasarkan kemenangan, bergantung di bagaimana
baik seorang skater di kompetisi mana pun dan berapa banyaknya ia
mengikuti kompetisi skateboarding selama jangka waktu yang diberikan
sponsor. Kebanyakan para skater yang disponsori juga mendapat gaji
bulanan dari satu atau lebih perusahaan, yang mensponsori mereka sebagai
riding tim. Ini adalah perubahan total dari masa lalu ketika seorang
pro-skater harus melakukan pekerjaan biasa untuk menghidupi dirinya,
menurut Bostick.
Skateboarding
bisa dinikmati oleh anak muda mulai dari umur dua tahun, tetapi
sebagian besar para pro-skater berawal dari umur belasan tahun sampai
sekitar dua puluhan. Kebanyakan para skater tidak memikirkan hal lain di
dunia ini, dan mereka tidak sibuk memikirkan diet mereka (seperti
orang-orang pada umunya). Para skater hanya
melakukan apa yang disukai mereka untuk melakukan: skate, skate, and
skate!!! Skateboarding adalah kesenangan, dan setelah kesenangan itu
menjadi tujuan, skate tidak akan terlihat sebagai hobby, tapi keperluan
dalam hidup. Tentu saja banyak skater yang melakukan hal lain untuk
kesenangan juga, seperti surfing dan snowboarding, yang juga termasuk
olahraga extreme yang melatih keberanian.
So, yang mengaku pemberani. Siapkah anda menjadi seorang skater????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar